Program kerja opd dan pemerintah kampung harus berintegrasi

Sosbud
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat wawacara di Sentani. /SK

Sentani,SK – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, program kerja dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), harus bersinergi dengan Rencana Kerja Pembangunan Kampung (RKPK) yang disusun oleh masing –masing Kampung yang ada di Kabuaten Jayapura.

Menurut orang nomor satu di Daerah ini, bahwasannya pembangunan yang dilaksanakan saat ini dan nanti, adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat sendiri.

“ Dalam rpjm kita sangat jelas, bahwa pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi melalui sumber daya alam yang dimiliki adalah hal utama yang harus dikerjakan. Dan itu sejalan antara opd dan pemerintah kampung,” ujar Bupati Awoitauw saat ditemui di Sentani. Sabtu (9/3/2019).

Dikatakan, setiap saat kita bicara soal anak. Karena daerah ini sudah dicanangkan sebagai kabupaten layak atau ramah anak. Kita juga berbicara soal pemetaan wilayah, pengembangan kampung-kampung adat, tenaga guru, medis dan pembangunan infrastruktur di masing-masing Kampung.

“ Semuanya dimulai dari kampung, oleh sebab itu opd dan pemerinah kampung harus saling bersinergi. Pemerintah kampung juga harus banyak berkoordinasi dengan pimpinan opd sehingga apa yang direncanakan dalam pembangunan kampung dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengatakan pihaknya tetap fokus kepada pengelolaan sumber-sumber pembiayaan yang diterima oleh Pemerintah Kampung Adat dan Kampung Dinas.

“ Dari tiga alokasi dana yang diterima, adk,add,dan prospek. Sudah sagat jelas pembagiannya, pendidikan, kesehatan, ibu dan anak, ekonomi, adat serta keagamaan. Oleh sebab itu sangat diharapkan, ketika dana-dana tersebut dikucurkan, pemerintah kampung dapat mengaturnya dengan baik dan bijaksana,” ungkapnya. (*)

9 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code