Perindag akan bangun ipal untuk pasar pharaa

Lingkungan
Tampak Drainase di Pasar Pharaa Sentani yang penuh dengan sampah./SK

Sentani,suarakhena.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (perindag) Kabupaten Jayapura, Yos Levi Yoku, mengatakan pihaknya dalam tahun ini akan membuat Instalasi Pembuangan Air Limba (Ipal) di Pasar Pharaa Sentani.

Dijelaskan, limba dari Pasar Pharaa selama ini tidak diurus dengan baik dan terbuang begitu saja menuju drainase umum yang ada di Pasar tersebut.

“ Secara kusus di los penjualan ikan dan daging, lokasinya pas ditengah. Sehingga limbahnya tidak tau mengalir kemana, sehingga los itu terlihat kumuh dan menimbulkan aneka bau tidak enak saat kita berada disana,” ungkap Yoku saat ditemui di Sentani. Sabtu (9/3/2019).

Dikatakan, untuk sementara los ikan sedang direnofasi dan sudah dalam tahap akhir. Diharapkan dalam waktu dekat ini sudah bisa selesai dan limbahnya juga tidak tertampung saja didalam los ikan sendiri.

“ Sementara para pedagang ikan berjualan dibagian belakang dari pasar ini dengan membangun lapak-lapak sendiri, kita berharap setelah mereka kembali ke los ikan, limbah dari sisa-sisa ikan yang dijual tidak lagi dibuang dengan sembarangan,” jelasnya.

Salah satu pedagang ikan laut, Saiful, mengatakan los ikan kalau mau bersih, harus ada air bersih yang lancar dan drainasenya tidak hanya terhubung satu arah saja.

“ Ini drainase saja tdak tau kemana, sisah air dari ikan yang dijual ketika jatuh ke lantai tergenang begitu saja. Harus ada saluruan pembuangan yang jelas,” katanya. (*)

17 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code