Situs megalitik tutari akan dikelola kembali

Pariwisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura saat wawancara. /SK

Sentani,SK – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo mengatakan pihaknya akan kembali mengelola Situs Megalitik Tutari yang berada di Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu.

Satu-satunya situs megalitik yang berada di Kabupaten Jayapura saat ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi melalui Badan Arkeologi. Kendati demikian kondisi situs ini dari hari kehari ditinggal tanpa ada perhatian yang serius oleh pihak yang bersangkutan.

“ Pengelolaannya masih dipihak provinsi, nanti kita coba koordinasi kembali untuk mengelolanya. Karena situs tersebut berada di wilayah hukum kabupaten jayapura,” jelas Joko saat ditemui di Sentani. Selasa (5/3/2019).

Dikatakan, dengan melihat kondisi seperti saat ini sebenarnya stus tersebut harus dikelola secara baik karena menjadi aset yang penting dalam sejarah peradaban manusia di jaman moderen ini.

“ Untuk kepentingan pendidikan, tetapi juga kepentingan wisata alam serta penelitian dan bisa menjadi sumber informasi yang akurat terkait kejadian di waktu-waktu lalu,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw telah memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata yang lalu untuk segera berkoordinasi dengan pihak Badan Arkeologi Papua menyangkut sistem pengelolaannya.

“ Masih banyak potensi wisata geologi di daerah ini yang seharusnya di kelola secara serius. Termasuk tugu Mc Arthur yang dikelola oleh pihak provinsi. Oleh sebab itu instansi tehnis yang telah diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengurusi perihal tersebut, diharapkan dapat melaksanakannya dengan baik. Karena semua aset ini berada di daerah kabupaten jayapura,” ungkapnya. (*)

13 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code