Masyarakat minta eks pasar lama juga harus ditata

Lingkungan
Kodisi kemacetan arus lalulintas di jalan masuk eks pasar lama sentani. /SK

Sentani,SK – Sejumlah masyarakat di Sentani meminta kepada Pemerintah Daerah untuk segera mencari solusi kemacaten arus lalulintas yang sering terjadi pada ruas jalan masuk dan keluar eks pasar lama Sentani.

Pasalnya, kondisi kemacetan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut sudah terjadi sejak lama dan sepertinya ada pembiaran yang terjadi untuk tidak mengurai kemacetan tersebut.

Salah satu tokoh perempuan asal Sentani, Jaqline Joku mengatakan Pemerintah Daerah harusnya membangun fasilitas pendukung yang memadai bagi pengusaha kendaraan Angkutan Kota.

Menurutnya, para supir Ankot juga memberikan pendapatan bagi Daerah melalui pajak yang setiap tiga bulan maupun tahunan yang dibayar kepada Pemerintah.

“ Terminal penghubung, dan terminal induk saja belum ada di daerah ini. Makanya, setiap kendaraan yang masuk ke eks pasar lama bingung harus putar balik kendaraan mereka dimana. Terjadilah antrian panjang disana, dan ini sangat mengganggu. Apalagi pagi hari, bagi para pegawai negeri, anak sekolah yang buru-buru ke tempat kerja atau sekolah,” ujar Jacqline saat ditemui di Sentani. Selasa ( 5/3/2019).

Dikatakan, dari aksi penertiban PKL yang dilakukan ini seharusnya bersamaan dengan adanya ruang-ruang yang tersedia bagi mereka yang terkena dampak penertiban tersebut.

“ Kepala distrik harus berkoordinasi langsung dengan dinas perhubungan, dan juga perindag. Sebelum melaksanakan penertiban pedagang. Seingga dalam proses penertiban seperti ini tidak angkah kedua atau penertiban lagi yang dilakukan,” katanya.

Hal senda juga di sampikan oleh Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani, Deniks Felle, bahwa kerja-kerja seperti ini seharusnya semua pihak berintegrasi didalmnya.

“ Sebelumnya pemerintah sudah harus membangun jalur jalan dan terminal yang memadai bagi angkutan kota, ada jalan-jalan alternatif yang dibuat untuk kepentingan iven besar di daerah ini. Sehingga pada pelaksanaan peneriban seperti yang telah dilakukan ini semuanya secara bersamaan berjalan,” ujarnya. (*)

21 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code