Kertas suara pemilu mulai disortir

Polhukam
Proses pelipatan kertas suara di kantor KPU kabupaten jayapura. /SK

Sentani,SK – Kertas suara pemilihan legislatif anggota DPR Kabupaten Jayapura kusus Daerah Pemilihan (Dapil)Satu sebanyak 50 karton sedang disortir di Kantor Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Kabupaten Jayapura.

Proses pembukaan karton kertas suara telah dilakukan Staf bagian teknis KPU Kabupaten Jayapura dan disaksikan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Jayapura, Gakkumdu dan sebagian masyarakat yang hadir dalam proses tersebut.

Staf bagian Teknis KPU Kabupaten Jayapura, Sumadi, mengatakan bahwa ada 50 karton surat suara yang akan dilakukan pelipatan suara dalam tahap pertama ini.

Dikatakan, proses pelipatan dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Dimana setia surat suara yang dilipat dan disortir ini dikenakan biaya sebesar 200 rupiah.

“ Yang dikerjakan saat ini surat suara untuk dapil satu, kalau dari waktu yang memungkinkan hari ini juga kita akn lanjut ke dapil dua,” ujar Sumadi di Kantor Kpu Kabupaten Jayapura. Senin (4/3/2019).

Sementara itu, Sepriyanti Pandi, Devisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Jayapura mengatakan dalam proses pembukaan karton kertas suara dalam kondisi aman dan terkunci dan ketika dibuka disaksikan oleh semua pihak.

Menurutnya, pengawasan akan terus dilakukan hingga proses sortir ini selesai. Ketika ada kerusakan dan lain-lain dalam proses sortir maka Bawaslu akan membuat Berita Acara (BA) lalu disampikan kepada Kpu yang selanjutnya akan direkomendasikan kepada pihak ketiga untuk mencetak ulang kertas yang rusak.

“ Dalam satu karton itu ada tanda dua barkod. Itu berarti satu karton berjumlah seribu kertas suara. Kami juga sudah membuat aturan kepada  para pelipat kertas ini agar tidak makan pinang dan isap rokok  ketika melipat kertas suara,” jelasnya. (*)

670 total views, 11 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code