Kampung yokiwa akan dikembangkan sebagai destinasi wisata

Pariwisata
Salah satu potensi wisata danau sentani yang harus dikembangkan. /SK

Sentani,SK – Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam waktu dekat ini akan mengembangkan sejumlah potensi wisata di Daerah ini secara baik dan dikelolah oleh masyarakat lokal setempat.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, potensi wisata di Daerah ini sangat menjanjikan. Hanya saja belum ditata dan kelola secara maksimal.

Menurutnya, potensi wisata yang dikelola secara profesional oleh masyarakat adat yang dibantu dengan pihak luar maka akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat itu sendiri.

“ Kampung yokiwa distrik sentani timur dalam waktu dekat ini akan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang luar biasa,” ujar Bupati Awoitauw di Sentani. Senin (4/3/2019).

Dikatakan, untuk proses tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Kemeterian terkait serta mencari pihak swasta yang siap untuk membangun dan mengembangkan Kampung ini sebagai tempat wisata alam yang mungkin saja terbaik di Papua nantinya.

“ Dengan memanfaatkan air danau yang keluar ke muara jafuri, kampung ini akan dibangun dengan wahana-wahan permainan air, ada gasebo sebagai rumah singgah, dan sungai itawfili ini bisa digunakan untuk atraksi olahraga jet ski, kano dan sebagainya,” kata Awoitauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dsibudpar) Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan, maket pembangunan dan pengembangannya sudah ada. Tinggal dipresentasikan di Kemeterian Pariwisata guna mendapat dukungan pihak ketiga untuk mengerjakan pekerjaan ini.

“ Anggaran yang dibutuhkan memang sangat besar, sekitar 30 miliar lebih untuk pengembangan kawasan pariwisata di Kampung yokiwa. Yang utama sekali adalah akses jalan masuk, lalu pemberdayaan ekonomi masyarakat di kampung ini. Tentunya untuk promosi dan informasi sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum dikerjakan,” ungkapnya. (*)

14 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code