BPKAD gelar sosialisasi transaksi non tunai

Ekonomi
Bupati Jayapura bersama Dirjend Keuangan Dalam Negeri saat membuka kegiatan sosilisasi. /SK

Sentani,SK – Bertempat di Aula lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani. Sabtu (2/3/2019) Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (BPKAD)Kabupaten Jayapura telah menggelar Sosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai Dalam Belanja APBD Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Jayapura, yang juga dihadiri oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemeteran Dalam Negeri RI, BPK Perwakilan Papua, Pimpinan Perbankan, Pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa transaksi non tunai pada sisitem pemerintahan yang dipimpinya ini telah mengalami keterlabatan satu Tahun sejak diberlakukannya transaksi non tunai itu sendiri.

Menuurtnya, sudah tidak ada alasan lagi bagi setiap Pimpinan OPD dan seluruh staf dan pengelola anggaran di Pemerintahan Kabupaten Jayapura untuk memulai dan melaksanakan sisitem transaksi yang non tunai ini.

“ Surat keputusan bupati terkait transaksi non tunai ini sudah dikeluarkan sejak februari lalu, oleh sebab itu sudah saatnya kita memulai dan melaksanakan semua transaksi keuangan secara non tunai. Karena dengan sisitem ini akan sangat membantu kerja-kerja kita kedepan,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Bupati Jayapura juga mengapresiasi kehadiran Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemeterian Dalam Negeri RI dan juga pihak perbankan yang nantinya secara bersama memberikan arahan serta menjelaskan tehnis pelaksanaan dalam melaksanakan sistem transaksi ini dalam Pemerintahan Kabupaten Jayapura.

“ Di daerah lain diluar sana, sisitem transaksi non tunia ini sudah diterapkan sehingga memudahkan mereka dalam membuat semua laporan keunagan daera,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten Jayapura. Subhan, dalam laporanya mengatakan kegiatan yang dilakukan pihaknya ini berdasarkan Surat Edaran Menter dalam Negeri Nomor 910/1867/SC tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintahan Daera, Surat Keputusan Bupati Jayapura Nomor 184 dan 136 Tahun 2019 tentang Implementasi Non Tunai Dalam Belanja APBD Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“ Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terhadap pejabat pengelola keuangan dimasing-masing OPD atas tuntan impres nomor 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan satu langkah sesuai dengan surat edaran mendagri yang sedang dilaksanakan saat ini. Diharapkan,setelah kegiatan sosialisasi ini semua opd dilingkup pemerintah kabupaten jayapura dapat menerapkan siitem transaksi non tunai pada dinas dan lembaga masing-masing,” ungkapnya. (*)

12 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code