Bupati : kpu provinsi segera bentuk kpu kabupaten jayapura

Polhukam
Bupati Jayapura saat wawancara di Kantornya. / SK

Sentani, SK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura hingga saat ini belum terbentuk, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memenuhi KPU Provinsi agar segera melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pembentukan dan penetapan Lima Komisioner Pemilihan Umum di Kabupaten Jayapura.

“Sampai sekarang belum ada kpu di kabupaten jayapura, dan unuk tugas-tugasnya masih diatur oleh kpu provinsi,” ujar Bupati Awoitauw di Kantornya. Rabu (27/2/2109).

Dikatakan, berkaca dari pengalaan yang lalu ada yang dibatalkan serta pelaksanaan Pemilu yang berkepanjangan hingga berakhir di Mahkama Konstitusi.

“Kita meminta agar kpu kabupaten juga cepat didirikan, karena proses pemilihan nanti agak berbeda dengan yang lalu-lalu. Tingkat kerawanan juga pasti ada jika tidak dilakukan dalam putaran penyelenggaranya dengan baik, ”jelasnya.

Senada dengan hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw turut mempertanyakan keputusan rekrutmen Komisioner KPU Kabupaten Jayapura yang sampai saat ini belum juga di umumnyakan juga dibentuk.

“Seleksinya sudah, ada sepuluh nama. Tinggal lima yang terjaring dan dibuatkan surat keputusan. Kenapa bisa molor sampai saat ini, memangnya kpu provinsi bisa menyerahkan pemilihan umum di semua daerah ?, Belum lagi kpu ditingkat distrik yang belum terbentuk. Ini perdebatan besar yang akan dibahas dalam penyelenggaraan, sementara disetujui sangat mepet sekali, ”pungkasnya. (*)

935 total views, 15 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code