Bank sampah unit diresmikan pemkab jayapura

Lingkungan
Pengurus bank sampah induk dan pengurus bank sampah unit foto bersama. /SK

Sentani,SK – Untuk mendukung serta membatu persoalan sampah di Kabupaten Jayapura yang saat ini terus dilakukan oleh semua pihak, sesuai arah kebijakan Daerah maka Pemerintah daerah telah meresmikan satu Bank Sampah  Unit Crystal Fire yang berlokasi di Sentani Kota. Bank Sampah unit bertugas untuk membantu Bank Sampah Induk dalam mengelolah Sampah di daerah ini.

Koordinator Bank Sampah Kenambai Umbai (BSKU) Kabupaten Jayapura Farah Febriyanti sebagai pemilik Bank sampah induk  mengatakan kehadiran Bank sampah unit akan sangat membantu siitem pengelolaan sampah di Daerah ini.

Menurutnya, Bank sampah unit harus ada disetiap Distrik dan Keluarhan. Dengan demikian akan lebih mempercepat proses pengelolaan sampah dari masyarakat langsung ke Bank Sampah.

“ Ada bank sampah unit sehingga dengan mudah menjangkau masyarakat dalam mengumpulkan sampah. Kita berharap ada bank sampah unit lainnya yang dibangun sehingga pemerintah juga tidak kewalahan dalam mengatur sampah di daerah ini,” jelas Farah saat ditemui di Sentani. Minggu (10/2/2019).

Sebeumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro mengatakan bahwa pihaknya telah menutup sebagian besar tempat-tempat Sampah sementara di wilayah perkotaan, dengan harapan bahwa masyarakat juga harus paham dalam mengelolah sampah dari rumah mereka masing-masing.

“ Solusinya adalah mendirikan bank sampah unit disetiap kelurahan dan distrik. Sehingga melalui bank sampah unit yang akan bekerja dan mengambil sampah dari rumah kerumah, atau bisa juga diantar secara langsung oleh masyarakat ke bank sampah unit. Sehingga pemandangan dikota ini tidak dikotori dengan tumpukan sampah disetiap titik-titik pengumpulan sampah sementara seperti yang lalu,” ungkapnya. (*)

18 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code