Pekerja kebersihan harus dikelola pihak ketiga

Lingkungan
Masyarakat saat kerja bakti membersihkan sampah diareal pasar pharaa belum lama ini. /SK

Sentani,SK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw mengatakan untuk petugas kebersihan di Daerah ini harus dikelolah oleh pihak ketiga.

Menurutnya, Pemerintah Daerah melalui Instansi tehnis tidak perlu lagi menyiapkan tenaga dan merekrut orang untuk membiayai dalam proses pekerjaan kebersihan disini.

“ Kalau sudah dipihak ketiga, maka dinas tidak ambil alih lagi pekerjaan ini. Dinas tetap melaksanakan sistem pelayanan yang sudah diprogramkan dalam dinas masing-masing,” ujar Edison di Sentani. Rabu (6/2/2019).

Dikatakan, Pemerintah hanya menyediakan fasilitas penunjang seperti tong-tong sampah, tempat pembuangan sementara yang diletakan pada titik-titik tertentu, sehingga pekerja kebersihan ini dapat bekerja dan sampahnya tinggal ditampung pada fasilitas yang tersedia.

“ Kerja seperti ini sebenarnya tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan banyak waktu serta anggaran yang besar. Hanya program yang memang rutin dilaksanakan. Jadi, kita tidak terkesan seperti mengejar sesuau untuk go adipura ini,” katanya.

Sementara itu, Leonard Sokoy ketua RT IV keluarahan Hinekombe mengatakan untuk persoalan sampah, warganya sudah diberi sosialisasi dan juga ada tempat pembuangan sementara yang dibangun atas swadaya masyarakat sendiri.

“ Hanya saja tempat kami agak kesusahan untuk trek besar yang mengangkut sampah tidak bisa masuk, kita manfaatkan motor pengangkut sampah untuk langsung membuang ke tempat pembuangan akhir,” ungkapnya. (*)

14 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code