Masyarakat adat tabi tidak memiliki sistem raja

Polhukam
Frits Maurits Felle dan sejumlah Tokoh masyarakat adat saat meberikan keterangan pers di Sentani. /SK

Sentani,SK – Sejumlah Tokoh Masyarakat Adat dari Kampung Yobeh, Yahim, Ifar Besar, Yakonde di Kabupaten Jayapura dibawah otoritas Dewan adat Suku (DAS) Sentani menanggapi pernyataan Decky Ohee terkait statusnya sebagai Anak Raja.

Salah satu Tokoh Adat Masyarakat Sentani Frits Maurits Felle menegaskan bahwa masyarakat Papua secara kusus Wilaya Adat Tabi tidak memiliki sistem Raja.

Dikatakan, otoritas masyarakat Adat di Papua diatur oleh masing-masing Kepala Suku dengan wilayah Pemerintahan Adatnya masing-masing.

“ Kalau saudra Decky Ohee mengaku sebagai anak raja, mungkin itu sifatnya subyektif atas pribadinya sendiri. Karena tidak ada istilah raja di papua, dan kami juga tidak mengenal Decky Ohee secara pribadi,” jelas Maurits Felle di Sentani. Rabu ( 6/2/2019).

Dikatakan, secara kusus untuk DAS Sentani tidak dapat diguankan sebagai alat poltik untuk kepentingan pribadi pada pesta demokrasi mendatang.

“ Secara kelembagaan kami menolak dijadikan alat politik, tetapi secara pribadi bagi kami masyarakat adat disini sudah membulatkan suara kami bagi paslon 01,” katanya.

Sebelumnya, pertengahan Januari lalu dalam kegiatan pertemuan Alumni Perguruan Tinggi se- Indonesia.

Dalam rekaman video yang lagi viral di Youtube saat ini  Decky Ohee mengaku dirinya sebagai anak raja dan mengatas namakan masyarakat adat Papua memberikan dukungan penuh kepada pasangan calon presiden 02.

“ Saya anak raja, saya anak ondofolo besar di tanah papua. Kami punya hak untuk bicara, kami juga punya hak untuk menentukan masa depan papua,” jelasnya dalam video yang berdurasi 10 menit yang diunggah oleh inShaa Channel 26 Januari lalu. (*)

395 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code