Partisipasi semua masyarakat sangat diharapkan

Lingkungan
Masyarakat di kampung yahim yang sedang membersihkan sampah. /SK

Sentani,SK – Kepala Distrik Sentani Budi Yoku mengaku dalam proses penataan dan pengelolaan sampah diwilayah yang dipimpinnya ini sangat membutuhkan partisipasi masyarakat untuk secara bersama-sama membersihkan sekaligus menata Kota kearah yang lebih baik.

Dari arah kebijakan Pemerintah Daerah, kata mantan Kepala Distrik Namblong ini bahwa partisipasi masyarakat secara perlahan mulai nampak.

“ Harus ada partisipasi masyarakat, dan pemerintah kampung wajib menganggarkan anggarannya untuk kebersihan di kampung masing-masing,” jelas Budi Yoku saat dihubungi di Sentani. Minggu (3/2/2019).

Dikatakan, soal kebersihan dan penataan wilayah dari tumpukan sampah tentunya akan sulit kalau hanya mengandalkan anggaran Pemerintah Daerah. Karena luasan wilayah Kabupaten Jayapura yang terdiri dari 19 Distrik dan ratusan Kampung yang ada.

“ Misalnya seperti kemarin di dermaga yahim ada sejumlah organisasi pemuda dan masyarakat terlibat disana untuk membersihkan sampah didermaga itu. Harapan kami, hal serupa dapat juga dikerjakan di kampung-kampung lain secara bersama-sama,” jelasnya.

Sementara itu, Jeri Felle salah satu Pemuda di Kampung Yahim mengatakan Dermaga Yahim ini sebenarnya menjadi aset penting bagi Pemerintah Daerah tetapi juga masyarakat lokal yang memafaatkan fasilitas ini.

“ Semua hasil sumber daya alam dari danau sentani dibawah oleh masayarakat menuju kepasar melalui dermaga ini, tetapi kesanya seperti tidak ada perhatian serius dari pemerintah daerah. Sebenarnya fasilitas penunjang ini dapat dikelolah dengan baik agar ada pendapatan asli bagi daerah ini tetapi juga memperlancar pendapatan masyarakat melalui jalur transportasi darat,” ungkapnya. (*)

13 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code