Motoris mengeluh sampah pelastik yang menumpuk di dermaga yahim

Lingkungan
Sejumlah motoris dan masyarakat sedang mebersihkan sampah di depan dermaga yahim. /SK

Sentani,SK – Sejumlah Motoris yang melayani penumpang di Dermaga Yahim ke sejumlah Kampung-Kampung di Pesisir Danau Sentani mengeluh terhadap tumpukan sampah yang setiap saat mengapung di areal parkiran Speedboad mereka di Dermaga Yahim.

Frans salah satu motoris di Dermaga Yahim mengaku sangat miris melihat kodisi Dermaga yang lama-kelamanan menjadi tempat penumpukan sampah.

Dikatakan, areal Dermaga Yahim yang dulunya agak luas sekarang menjadi sempit dengan adanya sampah-sampah tersebut.

“ Sampah pelastik,eceng gondok dan sampah perkotaan lainnya seperti sisa botol-botol oli biasanya mengapung didekat dermaga ini,” kata Frans di Dermaga Yahimm. Sabtu (2/2/2019).

Ada upaya pembersihan ujar Frans, tetapi tidak rutin. Karena dalam musim hujan belakangan ini sampah-sampah terus memenuhi areal Dermaga. Hal ini menurutnya sangat mengganggu dan membuat pemandangan disekitar itu tidak nyaman.

“ Sebagai motoris juga sedikit was-was dengan motor yang kami bawa. Baing-baling bisa saja mengenai sampah pelastik atau botol sisa oli yang mengapung dalam air akan berakibat fatal dan motornya bisa saja rusak,” ungkapnya.

Hal senda juga dikatakan Efendi Ibo Motoris asal Kampung Atamali. Afendi mengatakan tidak ada perhatian kusus oleh Pemerintah setempat terhadap muara-muara sungai yang berdekatan dengan Dermaga Yahim.

“ Diujung muara sungai yang hanya beberapa meter dari dermaga ini sudah terjadi pendangkalan, sehingga dengan mudahnya sampah-sampah itu mengapung disini. Lama-lama, dermaga ini ini juga akan menjadi dangkal dan menjadi tempat penampungan sampah,” ujarnya. (*)

11 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code