Komisi saksi nasdem pastikan suara tidak akan hilang ditengah jalan

Advetorial
Pengurus DPW dan DPD NasDem Jayawijaya usai pelatihan saksi di Kota Wamena./SK

Sentani,SK – Dewan Pimpinan Wilayah  Partai Nasional Demokrta ( DPW NasDem) Papua secara marathon terus melakukan pelatihan dan edukasi bagi koordinator Saksi yang direkrut pada setiap Daerah Pemilihan (Dapil) di Papua.

Kegiatan pelatihan bagi koordinator Saksi yang akan mengawal suara NasDem dalam pesta Demokrasi 2019 ini sudah dilaksanakan sejak akhir Tahun 2018 lalu.

Ketua Komisi Saksi Nasdem Wilayah (KSNW) Papua Izak Hikoyabi mengatakan perekrutan serta pelatihan bagi koordinator saksi dan saksi disetiap Dapil sangat penting untuk mengawal suara NasDem dalam proses pemilihan Legislatif dan juga Pemilihan Presiden nanti.

Menurutnya, pelatihan yang telah dilakukan meliputi 27 Kabupaten dan 1 Kota secara maraton ini akan memberikan kesempatan kepada para koordinator saksi  dan saksi dapat memahami tugas dan tanggung jawab yang dibebankan sesuai daerah masing-masing.

“ Tugas utama mereka adalah melakukan pengawalan di tps sebelum pencoblosan dan sesudah pencoblosan kertas suara. Sebagian besar dapil sudah kami datangi untuk berikan pelatihan,” ujar Izak Hikoyabi di Sentani. Jumat (1.2.2019).

Dikatakan, tugas dan kerja saksi nanti sangat penting guna memperoleh hasil suara mayoritas untuk DPR Kota,Kabupaten,Provinsi dan DPRRI. Dan ini merupakan target Partai yang harus dilakukan.

“ Pengalaman pemilu lalu suara nasdem banyak yang hilang karena kurangnya saksi yang mengawal hasil pencoblosan di tps hingga pada proses perhitungan. Oleh sebab itu, kegiatan pelatihan dan edukasi yang secara terus menerus kita lakukan ini dapat memberikan motifasi serta tanggung jawab penuh kepada para saksi dalam melaksanakan tugas mereka masing-masing,” katanya.

Izak juga menjelaskan, untuk saksi yang ditugaskan dimasing-masing Dapil berdasarkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar diseluruh Papua.

“ Kita proposional saja dengan jumlah TPS yang ada dimasing-masing dapil. Untuk papua saat ini tpsnya mencapai 15 ribuan lebih, berarti saksi yang kami siapkan sebanyak 30 ribuan,” jelasnya.

Senada dengan ini Sekretaris Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapilu) DPW NasDem Papua Benhur Wally menegaskan pihaknya dalam melakukan persiapan pada tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) pada 28 Kabupaten dan 1 Kota telah mencapai 40 persen untuk kesiapan proses demokrasi April mendatang.

“ 25 kabupaten dan 1 kota sudah kami dapatkan data-data saksi mereka sehingga tersisa beberapa kabupaten yang akan mengirim data saksi mereka diharapkan dalam waktu dekat ini sduah dapa terkumpul. Dengan demikian persiapan yang bersinergi bapilu dan komisi saksi nasdem dapat bekerja semaksimal mungkin disisa waktu ini,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPW NasDem Papua, Mathius Awoitauw  dalam setiap sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Saksi disetiap Kota dan Kabupaten mengatakan bahwa Koordinator Saksi dan Saksi merupakan garda terdepan yang mengawasi secara langsung proses Pemilu disetiap TPS. Oleh sebab itu, tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan sebagai amanat Partai ini dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. (*)

277 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code