Ketua DPR minta Perindag harus tegas dalam menangani penataan pasar pharaa

Ekonomi
Kondisi pedagang di pasar pharaa sentani./SK

Sentani,SK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Jayapura Edison Awoitauw meminta kepada Instansi Tehnis pengelola Pasar dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten jayapura untuk tegas dalam menangani penataan pedagang di Pasar Pharaa Sentani.

“ Tempat jual masih banyak yang kososong didalam los bangunan permanent, kenapa masih ada pedagang yang berjualan diluar bangunan,” kata Edison di Pasar Pharaa Sentani. Jumat (1/2/2019).

Menurutnya, pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah menggunakan hati dan mengedepankan persuasif. Tetapi harus tegas dan sesuai aturan.

“ Perindag dan uptd pasar harus tegas dalam mengatur dan menata tempat jual bagi para pedagang. Memang tidak satu kali akan jadi, tetapi sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melakukan hal tersebut. Kalau tidak mampu, bisa diganti dengan orang lain,” tegasnya.

Dikatakan, pengakuan pedagang yang berjualan diluar bahwa tempat didalam bangunan permanen sudah penuh karena ada orang yang sudah tempati. Bahkan ada los yang diperjual belikan.

“ Ini tidak main – main, perindag dan uptdnya segera membereskan hal ini. Kalau tidak maka, kami dewan yang akan berdialog langsung dengan pedagang dipasar ini sekaligus mencari fakta terhadap pengelolaannya,” jelas Edison.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindag Kabupaten Jayapura Yos Levi Yoku mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk melakukan pembenahan dan penataan kembali para pedagang didalam pasar ini.

Yos menambahkan, pedagang di Pasar ini jumlahnya tidak sedikit, sehingga butuh kesabaran dan ketelitian dalam mengaturnya.

“ Kita harus melakukan pendataan yang benar-benar akurat, lalu memisahkan mana yang pedagang tetap dan pedagang tiba berangkat. Setelah itu baru ditentukan tempat jualnya lagi,” ujar Yoku. (*)

10 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code