Rusaknya infrastruktur jalan, pedagang buah kertosari berjualan dekat gunung merah

Ekonomi
Para pedagang kertosari yang berjualan di trotoar dekat kantor bupati jayapura. /SK

Sentani,SK – Kampung Kertosari yang dikenal sebagai Kampung penghasil aneka jenis buah-buahan. Rambutan, duku, salak, mangga,durian dan masih banyak lagi.

Setiap musim buah, pasti Kampung ini menjadi sasaran para pembeli dan penikmat buah akan berkunjung kesana.

Belakangan ini, sebagian pedagang buah di Kertosari datang membuka tempat jualnya diatas trotoar dekat dengan Gunung Merah Kantor Bupati Jayapura. Padahal sudah ada larangan dan pemberitahuan yang disampaikan oleh Pemerintah untuk tidak berjualan ditempat tersebut.

“ Jalan menuju ke kertosari saat ini rusak parah, semua jalan berlubang dan aspalnya sudah tercabut-cabut sehingga datang musim penghujan jalanya becek,” ujar Magdalena salah satu pedagang buah yang berjualan buah mangga di atas trotoar jalan menuju gunung merah. Rabu (29/1/2019).

Dikatakan, informasih terkait larangan untuk berjualan diatas trotoar itu sudah diterima atau dikatahu oleh dirinya.

Menuurtnya, Pemerintah juga harus memberikan solusi terbaik bagi dirinya dan rekan lain dalam hal berdaganag buah.

“ Kalau ada tempat lain yang disiapkan atau perbaikan jalan menuju kertosari diperbaiki, mungkin kami tidak datang berjualan disini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Fitrianingsi rekan pedagang buah disebelah tempat jualnya bahwa beberapa pohon  buah miliknya sedang dalam musim panen, sementara kondisi jalan menuju kesana sangat memprihatinkan sehingga dengan cara seperti ini buah mereka dapat dijual.

“ Yang lagi musim ini buah mangga, sama duku dan rambutan. Kasihan kalau tidak dijual, makanya kami bawa ke sentani. Awalnya di dekat pintu masuk bandara, lalu kesini dekat gunng merah karena banyak pembeli,” pungkasnya.(*)

18 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code