Selain retribusi, ada uang kemanan di pasar pharaa

Ekonomi
Para pedagang pentol tusuk di pasar pharaa sentani./SK

Sentani,SK – Sejumlah pedagang di Pasar Pharaa mengaku kalau mereka tidak hanya membayar retribusi pasar Rp2000,- yang setiap hari di tagih oleh petugas pasar, ada uang kemanan juga yang dibayar setiap bulannya sebesar Rp20.000,-.

“ Katanya untuk uang kemanan saja, kata Pujiastuti salah satu penjual pentol tusuk disela-sela bangunan C dan D Pasar Pharaa Sentani. Senin (28/1/2019).

Hal senada juga dikatakan La imah salah satu pedagang pinang yang membangun lapaknya sendiri disela-sela bangunan tersebut mengatakan Duapuluh ribu itu untuk setiap bulan.

“ Kondisi pasar seperti ini, paling tidak terlihat rapi dan tertata. kita mau apa lagi, dari pada tidak dapat tempat jual,” tukasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Jayapura Yos Levi Yoku mengaku dirinya telah mendapat informasih tersebut, tetapi bentuk fisik kerja sama ini atau perjanjian hitam diatas putih belum dimilkinya.

Yoku juga mengatakan jika petugas kemanannya mencukupi untuk mengawasi seluruh isi pasar pasti tidak ada pungutan tersebut.

“ Petugas keamanan hanya dua saja di lokasi pasar yang mencapai lima hektar ini. Saya bahkan menyampaikan kepada mereka ketika melakukan pungutan dan kemudian hari ditangkap oleh saberpungli itu bukan urusan dinas,” pungkasnya. (*)

17 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code