Pelataran bangunan “E” pasar pharaa buat pedagang tiba berangkat

Ekonomi
Bangunan E yang diminati pedagang hingga yang lain berjualan diluar bangunan tersebut. /SK

Sentani,SK – Lima bangunan permanen yang dibangun di Pasar Pharaa. Dari kelima bangunan tersebut, bangunan kelima (E) yang paling banyak diminati oleh para pedagang. Dampaknya Empat bangunan lain masih ada tempat-temat yang kosong dan tidak ditemati oleh pedagang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Jayapura Yos Levi Yoku menyebutnya sebagai los tiba berangkat. Artinya, bangunan tersebut pada pelatarannya digunakan oleh pedaganag musiman atau lokal yang yang hanya datang berjualan secara temporer dan tidak menetap.

“ Padahal kita sudah bagi semua los bangunan ini sesuai dengan jenis barang yang dijual. Misalnya los A kami kususkan bagi pedagang sagu,ikan asar, ikan goreng karena mereka pedagang tetap,” ujarnya saat ditemui di Sentani. Selasa (29/1/2019).

Kadis Perindag juga menyoalkan pedagang yang tinggalkan tempat jual mereka dibangunan lain lalu bergabung lagi di bangunan E, menurutnya hal seperti ini yang sangat merepotkan petugas dalam menata dan mengatur para pedagang di pasar ini.

“ Ada tempat-tempat kososng dengan meja yang ditinggalkan oleh pedagang di bangunan a,b,c, dan pergi bergabung di bangunan E. Padahal kita sudah bagi sesuai jenis barang jualan mereka,” kesal Yos Levi Yoku.

Sementara itu, Kristina Salah satu pedagang Sayur mayur  yang berjualan di bangunan E mengaku ada banyak pedagang yang memiliki tempat jualan lebih dari satu tempat jual yang ditempatkan pada lima bangunan ini.

“ Petugas juga harus jeli melihat semua pedagang yang berjualan disini, ada yang punya tempat jualan lebih dari satu. Dibangunan A jualan kopi dan teh, di bangunan B ada kios, bangunan C ada kelontongan dan D ada hasil bumi seperti rempah-rempah dan sayur mayur juga. Ini yang harus ditata dengan baik,” ungkapnya. (*)

13 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code