Kepala kampung wajib memberikan perhatian kepada ibu dan anak

Penkes
Makanan tambahan yang di bagikan kepada siswa sekolah dasar. /SK

Sentani,SK – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengajak semua aparat Kampung untuk memberikan perhatian penuh kepada Ibu dan anak.

Perhatian tersebut kata Bupati dilakukan melalui program disetiap Kampung dengan menggunakan anggaran yang tersedia.

“ Begitu ibu dinyatakan hamil, program dan perhatian ini dijalankan. Selama 270 hari ditambah 2 tahun setelah melahirkan status kesehatan ibu dan anak harus baik,” ujar Bupati Awaitauw di Sentani. Jumat (25/1/2019).

Dijelaskan, setelah dua tahun ketika anak di bawa ke pos yandu hingga masuk PAUD/TK hingga SD tetap menjadi perhatian Kepala Kampung dan seluruh aparatnya.

“ Dengan melahirkan genarasi yang terbaik maka dasar-dasar kehidupan menuju masa depan yang terbaik sudah dilakukan secara bersama-sama. Pemerintah kampung, masayarakat adat, dan pihak gereja juga harus terlibat didalamnya. Terlambat bagi kita apabila hal ini dilakukan ketika anak tersebut sudah berada di bangku sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Kahirul Lie menanggapi kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui program perlindungan terhadap ibu dan anak yang dimulai dari Kampung-Kampung hingga kepada wilayah perkotaan.

“ Dinas kesehatan tetap meberikan dukungan penuh terhadap program ini, katika ada laporan maka para petugas pos yandu sudah tahu apa yang harus dilakukan. Mulai dari asupan gizi setiap hari dalam masa kehamilan, menjelang persalinan sampai dengan setalah melahirkan. Untuk itu, para ibu juga harus kooperatif dalam hal ini, karena sudah ada pustu dan petugas yang disiapkan,” jelasnya. (*)

22 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code