Ada dana kampung sering jatuh dijalan

Ekonomi
Kepala DPMK saat memberikan arahan kepada sejumlah Kepala Kampung diruang kerjanya. /SK

Sentani,SK – Dalam proses pencairan Alokasi Dana Kampung (ADK) oleh Pemerintah Kampung di Bank Pembangunan Daerah. Ketika kembali ke Kampung,dana tersebut suda tidak utuh lagi dari total jumlah yang dicairkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMPK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan dalam setiap pencairan dana ADK.

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi kewenangan Aparat Pemerintah Kampung bersama Bamuskam serta Tokoh masyarakat diKampung tersebut.

“ Petugas kemanan juga tidak memiliki tangan dan mata yang panjang untuk mengawasi setiap gerak-geraik yang dilakukan oleh aparat kampung, tetapi hal ini sudah menjadi perhatian serius bagi kami,” ujar Elisa saat ditemui di Sentani. Rabu (23/1/2019).

Hal senada juga disampikan oleh Kepala Distrik Yokari Johanes Mandowally bahwa dalam setiap pencairan dana Adk pasti saja jumlah berkurang ditengah jalan dari total anggaran yang dicairkan saat itu.

“ Misalnya dana yang dicairkan itu 150 juta, nanti sampai di kampung dalam proses pembuatan berita acara penerimaan anggaran, jumlah sudah tidak seperti awal pencairan.alasan yang digunakan adalah biaya operasional dan macam-macam,” ungkapnya. (*)

18 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code