Lewat jalur laut, narkoba masuk ke distrik yokari

Polhukam
Pemusnahan Narkoba yang dilakukan BNN, Polres,TNI AU dan Lapas Narkoba akhir tahun lalu./SK

Sentani,SK – Peredaran Narkoba saat ini tidak hanya pada wilayah perkotaan saja, tetapi sudah masuk hingga Kampung-Kampung di Kabupaten Jayapura.

Kepala Distrik Yokari Johanes Mandowally mengaku Narkoba masuk ke wilayahnya melalui transportasi laut dari arah Kota Jayapura bahkan kemungkinan besar dari luar negeri.

Sebagai aparat Pemerintah, menurutnya berbagai upaya telah dilakukan dengan memberikan arahan serta nasehat kepada generasi muda yang dengan sengaja melakukan hal tersebut. Kendati demikian sepertinya tidak ada perubahan yang terjadi.

“ Secara hukum sebenarnya ada pihak-pihak yang berwenang untuk menangani hal ini. Sementara kami di yokari dari akses penangan hukum sangat lambat karena selama ini kami masih bergantung kepada polsek dan koramil distrik demta,” ungkap Mandowalli saat ditemui di Sentani. Senin ( 21/1/2019).

Dikatakan, saat ini pihak Distrik telah menyiapkan satu unit bangunan rumah yang nantinya digunakan sebagai pos kemanan bersama untuk menangani dan menindak peredaran Narkoba serta penyakit sosial masyarakat lainnya seperti miras dan lain sebaginya.

“ Saya sudah mengajukan surat kepada pihak kepolisian resort jayapura untuk membuat satu pos polisi di distrk yokari dua tahun lalu tetapi belum direalisasikan hingga saat ini. Kami berharap agar penanganan hukum bagi pengedar dan pengguna narkoba segera ditindak,” harapnya.

Sementara itu Kepala BNN Kabupaten Jayapura Ariyanto membenarkan hal tersebut bahwa Narkoba telah masuk hingga Kampung-Kampung. Sementara upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi serta membentuk tim-tim kusus dengan melibatkan masyarakat setempat untuk terus memantau dan memberikan laporan tehadap penyebaran Narkoba.

“ Pengedar narkoba memang sangat lihai dalam mengedar narkoba saat ini. Yang menjadi target operasi mereka sudah tidak lagi diwilayah perkotaan, kampung menjadi taget mereka karena kurangnya pengawasan dari aparat hukum dan masyarakat,” ujarnya. (*)

781 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code