Disbudpar siap benahi dan lengkapi fasilitas destinasi wisata

Pariwisata
Pemandangan danau sentani salah satu ikon kabupaten jayapura untuk pariwisata./SK

Sentani,SK – Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jayapura Benyamin Yerisitouw mengatakan pihaknya di tahun ini akan siap untuk melakukan pembenahan disetiap tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Jayapura.

Hal ini berkaitan dengan pencanangan Kabupaten jayapura Go Adipura tetapi juga dalam menyongsong serta menyukseskan pelaksanaan PON XX di Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, pembenahan fasilitas yang meliputi fisik dan infrastruktur yang tersedia tetapi juga peningkatan serta penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pemuda serta masyarakat lokal yang memang tinggal dekat dengan destinasi wisata.

“ Jangka pendeknya yaitu untuk go adipura, tetapi yang paling penting lagi adalah pelaksanaan pon xx di daerah ini. Karena jumlah pengunjung akan lebih banyak diwaktu itu,” jelas Benyamin saat ditemui di Sentani. Senin (14/1/2018).

Djelaskan, fasilitas yang tersedia seperti Kawasan Wisata Khalkote di Distrik Sentani Timur yang juga menjadi tempat penyelenggaraan FDS setiap tahun akan direhab menjadi baik dengan penyediaan stan-stan wisata oleh masing-masing Kampung dipesisir Danau Sentani.

“ Kalkote juga akan menjadi pusat informasi wisata lokal, seperti toor wisata danau, serta destinasi pembuatan gerabah di kampung abar, ukiran kulit kayu di kampung asei. Tetapi juga informasih bagi destinasi wisata dipesisir pantai dan tempat-tempat bersejarah lain yag merupakan bekas peninggalan perang dunia kedua,” ujarnya.

Sementara itu,Ketua Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sentani Masse Bernard Taime menegaskan kehadiran para pengunjung serta atlit dan ofisial dalam PON XX ke Daerah ini tentunya tidak terlepas dari tanggung jawab kita bersama untuk menjaga serta merawat lingkungan masing-masing dengan baik. Termasuk, penyakit sosial masyarakat yang marak saat ini adalah minuman keras.

“ Kabupaten jayapura memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa, satu tahun waktu kita untuk melakukan pembenahan dan mengembalikan nuansa alami bagi kota kita. Jaga lingkungan dari kebiasaan buruk membuang sampah, apalagi yang masih senang bergaul dengan minuman keras. Sebagai genarasi muda harus tunjukan sikap dan perilaku yang terbaik bagi tamu-tamu yang akan berkunjung kedaerah ini,” tegasnya.(*)

31 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code