Billy, fotographer papua pertama yang tembus tingkat nasional

Profil
Billy saat menerima penghargaan dariGPI yang diserahkan langsung oleh Jeffry Surianto selaku CO GPI Pusat. /SK

Sentani,SK – Gallery Photography Indonesia (GPI) pada 8 Desember lalu telah menobatkan Delapan (8) Photographer Nasional terbaik, yang sebelumnya melaksanakan ujian secara online selama Enam Bulan.

Ketua GPI Pusat Jeffry Surianto mengatakan untuk memasuki tahap seleksi dan ujian yang dilakukan pihaknya ini cukup lama, dan setiap photographer diberikan waktu untuk mengerjakan tugas-tugasnya dari yang  mudah hingga yang sulit.

“ Ada 21 modul tugas tantangan foto yang dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama ada 7 tantangan foto. Empat foto yang mudah dan tiga foto yang sulit. Nanti pada tahap semi final, empat tantangan foto yang susah dan tiga yang mudah. Untuk tahap final ada lima foto yang susah dan dua foto yang mudah,” jelas Jeffry yang juga sebagai CO GPI saat dihubungi melalui telepon selulernya di Sentani. Selasa (18/12/2018).

Dijelaskan, selama ujian juri yang memberikan tugas dan penilaian terhadap tantangan foto dikerjakan selama empat hingga lima hari. Dan penilaian juri kita tidak hanya di indonesia saja tetapi juga ada yang dari luar negeri.

“ Tim juri ada lima orang yang tinggal di jawa, kalimantan, dan ada juga yang tinggal di jepang dan swedia. Dan semua penilaian dilakukan secara online,” katanya.

Editor Choice, hasil karya tertinggi di GPI

Secara kusus untuk Billy, Jeffry Surianto memberikan apresiasi yang tinggi terhadap perjuangan satu-satunya Photographer Papua yang mempu bertahan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh tim juri selama enam bulan.

“ Ada dua rekan yang sama dari papua, namun hanya Billy yang mampu menyelesaikan semua ujian yang diberikan. Kita berharap untuk tahun 2019 ada lagi potographer papua yang turut ambil bagian dalam ujian seperti ini,” harapnya.

Sementara itu, Billy yang masuk dalam jajaran Delapan besar Photographer Nasional terbaik ini mengaku sangat berterima kasih kepada rekan-rekan sesama Photographer di GPI Region Jayapura dan juga Komunitas Balobe Photography Papua, teman-teman Kantor serta Istri tercinta yang dengan tulus dan terus memberikan suport selama tahap seleksi hingga proses ujian berlangsung.

Photo Of The Day , karya tertinggi kedua setelah Editor Choice

Menurutnya, GPI merupakan sebuah wadah pembelajaran gratis di media sosial facebook yang mengajarkan tentang dunia fotografi dimana penilaianya diberikan dalam bentuk frame foto dengan metode pembelajaran self learning, di GPI sendiri mengenal 18 Kategori Foto dan menyediakan tiga tingkatan kelas.

“ Kelas pertama kelas GPI Group dimana kita diperbolehkan upload 2 foto perhari di Album harian . Kelas lanjutan dengan nama GPI Titanium yang memperboleh kita mengupload 4 foto setiap hari di Album Harian dan Kelas Akhir atau disebut kelas GPI Supertitanium.

Untuk naik dari dari GPI Group ke GPI Titanium kita harus mengumpulkan 15 Foto dari 3 kategori Foto dimana 1 kategori ada 5 buah foto yang di frame. Untuk memasuki kelas akhir atau super titanium kita wajib sekali mendaftar dengan menyerahkan 40 frame titanium dari 8 kategori foto,” jelas Billy.

Lebih lanjut Billy menjelaskan, untuk bisa terpilih dan mengikuti seleksi sebagai photographer nasional. Dirinya telah melewati semua kelas yang ada di GPI yaitu Bergabung dari GPI Group di awal tahun 2015 dan di bulan september saya naik ke kelas GPI Titanium serta dengan ujiannya selama 6 Bulan yang di mulai  1 Juli  dan mendapat hasil terbaik pada 8 Desember kemarin.

“ Dalam mengikuti ujian selama 6 bulan, saya melewati 3 Tahap di masing tahap ada 7 Tugas. Dengan Total tugas ada 20 tugas foto tematik dan 1 Tugas foto essay dengan mengumpulkan 10 foto serta 2 Tugas kecil dengan batas waktu yang ditentukan. Dimana pada tahap pertama menyeleksi 28 Peserta dari total 38 Peserta, tahap kedua terseleksi 15 Peserta dan tahap ketiga menetapkan 8 Fotografer terbaik. Dengan tiga orang panitia dan lima orang juri yang kita tidak tau saat mengikuti ujian,” ungkapnya.

Foto mingguan terbaik / Photo Of The Week

Billy juga berpesan kepada generasi muda di papua untuk memanfaatkan waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat.

“ Mari kita sebagai anak muda mengembangkan potensi diri yang kita miliki melalui cara cara yang produktif. Dengan fotografi salah satunya yang dapat mengasah cara berpikir dan melihat sebuah objek dengan baik dan benar. Janganlah kita menghambat ide dan karya yang dihasilkan dengan peralatan yang kita miliki. Juga dalam menghasilkan sebuah karya kita mesti pahami dulu aturan atau cipta fotografi itu barulah kita menghasilkan karya yang diluar aturan-aturan fotografi dengan menonjolkan asa dan rasa dalam seni fotografi”

“ Terutama di Papua, masih terdapat begitu banyak budaya dan kearifan lokal papua serta keindahan alam yang belum dieksplore dan terdokumentasikan dengan baik. Inilah waktu dan kesempatan yang dimiliki untuk meningkatakan apa yang menjadi ide dan kretifitas diri kita sendiri,” pungkasnya.(*)

3,302 total views, 121 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code