“Kita boleh berbeda, tetapi tidak untuk dibedabedakan”

Profil

H Burhanuddin Stahide

Oktober 1989 awal kedatangan lelaki Sulawesi Selatan asal Pangkep menginjakan kakinya di Bumi Kenambai umbai Kabupaten Jayapura.

Dengan tekad merubah nasib hidup sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya, salah satunya adalah H Burhanuddin Stahide.

Ditanah rantau, Burhan sapaan akrabnya ini memulai dunia baru yang jauh dari kampung halamannya serta terpisah gunung dan lautan dari sanak saudara. Jelas, untuk bertahan hidup segala cara dilakukan untuk meneruskan roda kehidupannya. Kerja serabutan, kuli bangunan, kondektur taxi, hingga penjaga kios telah dilakoninya waktu itu.

Baginya, untuk bertahan hidup harus bekerja keras dengan cara-cara yang bermartabat serta tidak melanggar aturan apalagi merugikan orang lain. Karena baginya, rejeki sudah diatur oleh sang pemilik hidup. Sepanjang ada upaya dan kerja keras maka sudah pasti ada hasil yang diperoleh.

Suami dari Hj. Darmawati serta ayah dari Afrita Damayanti, Afrijal Hardi Muharram, dan Afriansya Syawal Al-Risky ini kini menetap di BTN Joko indah Blok C NO. 5 Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani.

Sepuluh Tahun setelah kedatangannya di Kota Sentani dengan tidak memiliki pekerjaan tetap, pada awal Tahun 1998 Burhan mencoba suasana baru dalam mengais rejeki ke Kota Wamena Kabupaten Jayawijaya. Lima tahun lamanya sebagai penjaga kios dan kerja serabutan Burhan berada di Kota Wamena.

Setelah lima tahun di Wamena, Burhan memutuskan untuk kembali ketempat dimana awal dia menginjak kakinya sebagai seorang perantau.

Setelah menjelajahi sejumlah pekerjaan untuk menyambung hidupnya, Burhan mulai peruntungannya di jasa pelayanan pengiriman barang melalui PT. Megabuana Cargo.

Jasa pengiriman barang berupa sembako dan bahan bangunan ini melayani ke daerah pegunungan, sepuluh tahun telah digelutinya pekerjaan tersebut. Sebelumnya juga pernah menjadi LO TV Kabel Berkah yang penyebarannya dibawa naungan Mitra Papuan Vision. Penyebaran pelayanan TV Kabel di seantero Kota Sentani dan masih memiliki ratusan pelanggan tetap.

Dari kerja-kerja tersebut Burhan menghidupi keluarga kecilnya, tetapi juga menjadi berkah bagi sesamanya.

Sebagai orang yang dituahkan dalam kerukunan keluarga Sulawasi, Burhan juga memiliki pandangan yang serius terhadap kerasnya kehidupan yang telah dijalaninya selama puluhan tahun di tanah rantau.

“ Selama kita hidup dengan baik, menjaga dan saling menghormati setiap orang yang ada di daerah ini sebagai pemilik tempat. Maka apapun yang kita jalani pasti diberikan jalan terbaik,” ujarnya saat ditemui awal Desember lalu.

Pengalaman adalah guru yang tidak mungkin dipungkiri, kegagalan demi kegagalan diubahkan menjadi sukses yang berharga bagi diri sendiri tetapi juga berkah bagi sesama.

 

Soal Politik dan Pembangunan

Menjalani kehidupan ini ibarat menaiki puluhan anak tangga, Bapa tiga anak ini menjalaninya dengan ketabahan. Tak jarang baginya untuk menerima masukan dan nasehat serta mengikuti pendapat orang lain terhadap apa yang diyakininya bermanfaat bagi banyak orang.

Pandangan awal dirinya terhadap dunia politik adalah abu-abu yang menjadikan dirinya enggan terjun kedalam dunia tersebut.

“ Setelah saya ikuti dan belajar banyak soal politik itu sendiri, ternyata melalui politik dapat memperjuangkan hak-hak orang banyak. Melalui jalur politik kita bisa luruskan adanya ketimpangan sosial ditengah masyarakat tetapi juga menjawab ketidak adilan yang dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Dunia politik ibarat magnet yang kuat menarik dirinya untuk terlibat secara langsung didalamnya, lima tahun dirinya menjalani masa-masa orientasi bersama punggawa-punggawa politikus yang bukan sekedar kelas kaleng-kalengan. Dari politikus tingkat Lokal, Daerah hingga Nasional sudah disambanginya untuk mengikuti semua pola dan cara mereka berpolitik yang mengangkat karir hidup mereka kejenjang yang lebih baik.

Saat ini Burhan tercatat sebagai anggota dari Dewan Pimpinan Dearah Partai Nasional Demokrat (NasDem), yang sebelumnya juga pernah mengarungi politik di Partai lain.

Setelah lima tahun bersama NasDem, Burhan merasa NasDem adalah keluarga kedua dalam hidupnya. Banyak hal yang dipelajari dan diikuti melalui Partai termuda di republik ini.

Menurutnya, NasDem dengan isu sentral Restorasi dan Perubahan dapat mengangkat harkat dan martabat Negara ini jauh lebih baik dibandingkan dengan waktu-waktu yang telah berlalu.

Didalam NasDem semuanya berpikir Nasionalis, tidak menjual agama, tidak mengucilkan ras, suku dan sama sekali tidak membeda-bedakan satu dengan lainnya.

Pandangan ini lalu menjadi patokan Burhan dalam menjalani karir politiknya, dalam rentan waktu yang relatif singkat dan masih dalam proses penyesuaian secara politik dirinya tidak ragu akan apa yang telah diusung oleh NasDem dalam kancah politik nasional.

“ Kita boleh saja berbeda dalam pandangan dan keimanan kita, tetapi tidak boleh untuk dibeda-bedakan sebagai sesama anak bangsa yang berjuang untuk kesejahteraan yang lebih baik dan leih maju,” kata Sekretaris Badan Pemenanagan Pemilihan Umum (Bapilu) DPD NasDem Kabupaten Jayapura ini.

Memasuki masa-masa kampanye Pemilihan Presiden dan juga Anggota Legislatif dari Pusat hingga Daerah, Burhan diberikan tanggung jawab sebagai Sekretaris Bapilu yang bertugas memenangkan Jokowi dan Maaruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, tetapi juga puluhan Calon Legislatif (Caleg) baik Provinsi dan Kabupaten Jayapura.

“ Ini awal tantangan berat bagi saya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab setelah menjadi anggota partai. Tentunya dilakukan dengan dukungan semua pihak dan yang terpenting adalah dukungan dari kader partai,” imbuhnya.

Lalu apa yang dicari melalui karir politik sementara kehidupan ekonomi keluarga sudah cukup menjanjikan. Burhan mengaku, karir politik ini digunakan untuk membantu banyak orang yang saat ini aspirasnya tidak terjawab oleh pihak Legislatif yang sedang berkuasa.

Burhan yang saat ini maju sebagai Caleg dari Daerah Pemilihan I Kabupaten Jayapura dengan mendapatkan nomor urut paling terakhir yaitu 11 dari daftar caleg Dapil I, tetap optimis untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kader yang militan untuk sebuah perubahan yang lebih baik.

Dengan mendapatkan dukungan penuh dari pihak keluarga, Burhan dalam masa-masa konsolidasi dirinya sebagai Caleg Nomor 11 dari Partai NasDem ini telah mendatangi sebagian besar keluarga dan kerabat dekatnya untuk mendapat dukungan penuh menjadi Anggota legislatif Kabupaten Jayapura periode lima tahun mendatang.

Tidak hanya politik saja, Burhan juga merasakan adanya banyak perubahan pembangunan yang terjadi di kota yang telah mengajaknya untuk merantau.

Dalam hal tersebut Burhan juga memberikan andil tersendiri dalam pembangunan kesehatan di Daerah ini. Melalui upaya dan kerja kerasnya sejumlah fasilitas kesehatan dan makanan kesehatan sebagai makanan tambahan bagi anak balita didatangkan melalui Kementerian Kesehatan ke daerah ini.

“ Kesehatan itu sangat penting, ketika kita tidak menjaganya dengan baik maka harga yang harus dibayar jauh lebih mahal ketimbang beli makanan kita sehari-hari,” ucapnya.

Pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daera sejauh ini menurutnya sudah cukup baik dan mengarah kepada perkembangan layaknya Kota-Kota besar diluar sana. Kendati demikian, kesadaran dari masyarakat juga dibutuhan untuk terus mendukung upaya pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah kita.

Sebagai seorang perantau, dirinya merasa bangga dan memiliki daerah ini. Hal ini dibuktikan dengan kehidupan bertoleransi yang cukup tinggi antar sesama pemeluk agama. Budaya dan tradisi setiap orang yang datang dan tinggal disini sudah menjadi satu kekuatan dan kebersamaan dalam Bumi Kenambai Umbai.

Secara manusia, tentunya masih banyak kekuarangan yang dialami, tetapi Tuhan itu adil buat siapa saja yang berharap dan mengandalakanNya dalam aktifitas hidup kita sehari-hari.

“ Jalur politik adalah alat untuk meraih apa saja yang diinginkan, syukur alhamdulilah jalur ini pun saya gunakan untuk kemakmuran dan kesejaheraan kita bersama di kabupaten jayapura,” ungkapnya.

Pada moment Pemilu yang sudah didapan mata kita, Burhan berpesan agar senantiasa memilih figur yang benar-benar bertanggung jawab dan takut akan Tuhan. Serta dapat mendidikasikan dirinya untuk kepentingan banyak orang.

Salam restorasi, salam perubahan. Saya H Burhanuddin Stahide mohon dukungan dan doa restu Bapak Ibu sekalian pada bursa Caleg Pemilihan Legislatif Dapil I Kabupaten Jayapura Partai NasDem Nomor Urut 11.

Doa saya dan keluarga semoga niat ini menjadi amanah dan berkah bagi kita semua.

 

P r o f i l

Nama         : H. Burhanuddin Stahide

TTL          : 3 April 1972

Pekerjaan    : Swasta

Agama        : Islam

Alamat       : BTN Joko indah Blok C NO. 5 Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani.

Istri        : Hj. Darmawati

Anak         : 1. Afrita Damayanti, 2. Afrijal Hardi Muharram, 3. Afriansya Syawal Al-Risky.

Organisasi   : Karang Taruna, Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura), Garda Indonesia

1,319 total views, 4 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code